Gerakan Mahasiswa Biologi Lintas Alam (GEMBALA) IX

Siapa sich yang ngga tahu GEMBALA ? GEMBALA adalah singkatan dari “Gerakan Mahasiswa Biologi Lintas Alam”, didirikan pada tahun 2001. GEMBALA Yang Berada dibawah naungan AMPIBI (Asosiasi Mahasiswa PendIdikan BiologI) FKIP-UNDANA dan yang dibina oleh Dosen/Pengajar Pada Program Studi Pendidikan Biologi Undana ini memang sangat berbeda dengan Kegiatan Kemahasiswaan lain yang ada di UNIVERSITAS NUSA CENDANA. Banyak Tempat yang telah dijadikan sebagai tempat reboisasi/Lintas Alam oleh GEMBALA, diantaranya :

  1. Desa Oehala, Kab. TTS tahun 2004
  2. Desa Biudukfoho, Atambua, Kab. Belu tahun 2005
  3. Desa Retraen, Buraen (Amarasi), Kab. Kupang tahun 2006
  4. Desa Soba, Amarasi, Kab. Kupang tahun 2007
  5. Desa Oekabiti, Kab. Kupang tahun 2009
  6. Desa Oenlasi, Kab. TTS tahun 2010
  7. Desa Fatuneno, Miomaffo Barat, Kab. TTU tahun 2012
  8. dan masih ada 2 tempat (desa) yang sudah dijadikan sebagai tempat GEMBALA oleh para pendahulu kami……

Terbukti bahwa GEMBALA ini membawa banyak Manfaat. Hal ini disebabkan oleh semua anggota GEMBALA yang selalu semangat dalam latihan maupun kerja sama dalam berorganisasi. Kegiatan GEMBALA juga bermacam-macam seperti :

–          Reboisasi

–          Seminar

–          Lintas Alam

–          Kuliah Lapangan

–          Wisata Alam, dan

–          Bhakti Sosial

GEMBALA memang Kegiatan yang sangat memacu adrenalin anggotanya, karena banyak kegiatan-kegiatan yang super seru dan menarik. Dalam organisasi ini tercipta suatu persahabatan yang sangat erat. Buktinya dalam suatu pendakian, anggota GEMBALA selalu saling membantu dan bekerja sama agar mudah mencapai puncak. GEMBALA membantu semua teman-teman yang ingin dekat dengan alam dan juga mengetahui lebih dalam tentang alam.

 

 

 

 

 

Mencapai Puncak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Reboisasi

 

 

 

 

Pembuatan Kompos

 

 

 

 

Studi ILmiah

 

 

 

 

 

Kegiatan Seminar

 

 

 

 

,,,,,,,,,,,,,,No Title,,,,,,,,,,,,,

Asosiasi Mahasiswa Pendidikan Biologi (AMPIBI) FKIP-UNDANA Periode 2011/2012 menggelar Lintas Alam dan Reboisasi, di Desa FATUNENO Kec. Miomaffo Barat, Kabupaten TTU, Prop. NTT.

Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Drs. Moses K. Tokan, M.Si mengatakan kegiatan Lintas Alam dan Reboisasi ini merupakan bentuk kepedulian dan pengabdian mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap lingkungan masyarakat.

Dalam kesempatan itu sebanyak 1000 bibit pohon Mangga dan 400 bibit pohon Kemiri ditanam di lahan warga, Daerah Rawan Longsor dan Tempat-tempat Umum Lainnya.

“Kami berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin. Tidak saja saat penanaman, namun juga pemantauan hingga pemanenan,” tandas salah Satu Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi tersebut.

Kepala Desa FATUNENO, Kec Miomaffo Barat menyambut baik kegiatan Reboisasi tersebut. “Berkat kegiatan Reboisasi yang mayoritas dilakukan sivitas akademika UNDANA, kita bisa menikmatinya kala musim kemarau ataupun Hujan Desa FATUNENO masih tetap sejuk dibandingkan dengan Desa Lainnya.

 

Iklan