RSS

Convert Teks dan Tulisan ke Bentuk Suara (MP3, WAV, WMA, MP4, OGG)

12 Jan

Mungkin anda sering mendengar suara seseorang yang sedang membaca tulisan tetapi sebenarnya suara tersebut berasal dari mesin yang menerjemahkan tulisan yang telah di inputkan sebelumnya. Sebagai contoh, ketika anda menelepon ke operator selular, pertama kali yang berbicara kepada anda bukan customer service melainkan mesin yang telah disetting sebelumnya. Alat itulah yang menerjemahkan teks ke dalam bentuk suara yang bisa anda dengar.

Pada sistem operasi windows, sebenarnya sudah disediakan tools untuk mengkonvert teks ke bentuk suara yang dinamakan dengan Microsoft Speech Application Programming Interface (SAPI). Aplikasi ini secara default bisa digunakan bisa berfungsi dengan baik tapi dengan fitur minimal.

Karena itu, kami akan memberikan tutorial yang lebih powerfull bagaimana cara merubah teks ke bentuk suara yang bisa disimpan dalam format MP3. Berikut langkah demi langkah cara merubah teks ke bentuk MP3.

  • Donwload aplikasi Balabolka di http://www.cross-plus-a.com/balabolka.htm pilih versi installer.
  • Ekstrak file yang telah anda download tadi dan install pada komputer atau notebook anda.
  • Setelah aplikasi terbuka, masukkan teks ke dalam kotak kosong yang tersedia. Anda juga bisa mencoba dengan meng-copy paste teks dari sumber lain seperti website.
    Convert Teks dan Tulisan ke Bentuk Suara (MP3, WAV, WMA, MP4, OGG) Image
  • Setelah itu, tempatkan kursor di awal tulisan dan kumudian klik tombol Play di bagian atas untuk melihat preview dari suara yang keluar.
    Convert Teks dan Tulisan ke Bentuk Suara (MP3, WAV, WMA, MP4, OGG) Image
  • Jika ingin menyimpan file tersebut dalam bentuk file MP3, klik tombol File, pilih Save Audio File dan pada tipe pilihan format pilih MP3. Beri nama file tersebut kemudian tekan tombol Save.

Coba buka folder dimana anda menyimpan file yang sudah anda simpan tadi dan mainkan menggunakan media player seperti Winamp, Windows Media Player atau yang lain.

Kekurangan dari aplikasi ini, suara yang keluar adalah suara dari native speaker (Orang bule asli) sehingga jika anda memasukkan kata-kata ber-bahasa Indonesia akan terbaca menggunakan akses bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 Januari 2012 in Tips Dan Trik

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: