RSS

SAP: STRATEGI PEMBELAJARAN

01 Des

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Matakuliah: Strategi Pembelajaran
Semester: 2 sks
Jurusan/Program Studi: BK, Pend Mat, Bio, Fis, Sej, Ek, Inggris
Dosen Pengampu: Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd

 

I. Deskripsi Perkuliahan

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai upaya menata faktor eksternal agar terjadinya pembelajaran yang efektif, efisien dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Pengenalan taksonomi variabel dalam pembelajaran, Pemahaman karakteristik internal peserta didik dan upaya penetapan strategi pembelajarannya. Menganalisis kasus-kasus strategi pembelajaran di kelas.

II. Tujuan Perkuliahan

a. Kompetensi Umum
Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP UM. Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:
(1) melakukan penataan komponen ekstenal untuk mendukung terjadinya pembelajaran efektif, efisien dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal (2) Mengidentifikasi taksonomi variabel dalam pembelajaran (3) Mengidentifikasi karakteristik internal peserta didik (4) Pengenalan konsep strategi pembelajaran (2) Klasifikasi strtegi pembelajaran (3) Aplikasi model dan strategi pembelajaran (3) Variabel strategi pembelajaran (4) Menelaah kasus-kasus pembelajaran di kelas dan upaya strategi pembelajarannya.

b. Kompetensi Khusus
Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP UM Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:

1. Menjelaskan Konsep Strategi Pembelajaran
2. Mengidentifikasi taksonomi variabel Pembelajaran
3. Mengidentifikasi karakteristik internal peserta didik
4. Sistem Pembelajaran dalam Standar proses Pendidikan
5. Pembelajaran yang berorientasi pada Aktivitas Peserta Didik
6. Pembelajaran dengan Ekspositori (SPE)
7. Pembelajaran dengan Inkuiri
8. Pembelajaran Berbasis Masalah
9. Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB)
10. Pembelajaran Kooperatif
10. Pembelajaran Kontekstual
11. Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran
12. Pembelajaran Induktif dan Pembelajaran Deduktif
13. Pembahasan Kasus pembelajaran di kelas

III. Kegiatan Perkuliahan

Matakuliah ini dibina oleh tim dosen yang akan datang secara bersamaan dan atau bergantian, metode yang digunakan yaitu:

a. Ceramah dan tanya jawab
b. Penugasan secara kelompok dan presntasi atas hasil penelusuran dan kajian, terhadap strategi pembelajaran.
c. Penugasan secara kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap praktek pembelajaran di kelas.
d. Penugasan secara individual untuk penelusuran sumber-sumber strategi pembelajaran.

IV. Evaluasi

Kreteria:
a. Kreteria evaluasi untuk tugas kelompok dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran.
b. Kreteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: konsep dasar, dan relevansi dalam kegiatan pembelajaran
c. Penelusuran sumber, kesimpulan dan komentar atas sumber yang ditelusuri.
a. Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan membuat kesimpulan.

Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 15 %, Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 40 %.

Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:

A- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 1 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

B. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok pada saat tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

B- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat dua hari dari tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

C- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan penggatian tugas dari tanggal yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
.
D Jika hadir mengikuti perkuliahan kurng dari 70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan diberi tugas pegganti dari tugas utama, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk norma yang ditetapkan untuk itu.
.
E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari 60 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu yang ditentukan dan mengumpul tugas kelompok tidak memenuhi kreteria diberi tugas tambahan dan tidak mengerjakan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

V. Jabaran kegiatan Perkuliahan dalam Pertemuan

Waktu Pertemuan Ke Materi Keterangan:

  1. Pembukaan Perkuliahan: Overview Perkuliahan Penjelasan dari Tim Dosen
  2. Konsep dan makna Strategi Pembelajaran Tim Dosen
  3. Taksonomi Variabel Pembelajaran Tim Dosen
  4. Pengenalan Peserta didik dan Karakteristik bahan ajar dalam standar proses pendidikan. Tim Dosen
  5. Strategi Pembelajaran yang berorientasi pada Aktivitas Peserta Didik dan Upaya pemecahannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
  6. Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE) dan Upaya pemecahannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
  7. Strategi Pembelajaran Inkuiri Upaya pemecahannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs Tim Dosesn
  8. UTS Tim Dosen
  9. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Upaya pemecahannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
  10. Kasus Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dan Upaya pemecahannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
  11. Kasus Strategi Pembelajaran Kooperatif dan Upaya pemecahannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
  12. Kasus Strategi Pembelajaran Kontekstual (CTL) Upaya pemecahannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
  13. Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Strategi Pembelajaran Tim Dosen
  14. Pembelajaran Induktif dan Pembelajaran deduktif Deduktif dan implementasinya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
  15. Membahasan Kasus pembelajaran di kelas/Seminar Kasus Pembelajaran Studi Lapangan
  16. UAS

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Desember 2011 in Pendidikan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: