RSS

PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

07 Okt

PROGRAM PENDIDIKAN

Menurut Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional; Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi; Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 1999 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Negeri sebagai Badan Hukum, Peraturan Pemerintah Nomor 153 Tahun 2000 tentang Penetapan Universitas Gadjah Mada sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN); Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 232/u/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 80/P/SK/PD/2001 tertanggal 1 Oktober 2001 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Program Sarjana untuk Program Studi di Universitas Gadjah Mada, dinyatakan bahwa Universitas Gadjah Mada adalah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan akademik dan pendidikan profesional.

PENDIDIKAN AKADEMIK

Tujuan umum program akademik adalan menyiapkan peserta didik (mahasiswa) menjadi warga Negara yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, dan masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
Program pendidikan akademik yang diselenggarakan Universitas Gadjah Mada terdiri atas Program Sarjana dan program Pasca Sarjana.
Program Sarjana merupakan jenjang pertama program akademik, mempunyai beban studi 144 – 160 sks dijadwalkan sekurang-kurangnya 8 semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 semester dan selama-lamanya 14 semester setelah pendidikan menengah. Program sarjana ini dapat ditempuh sebagai program regular dan program multi entry (program swadaya).

Program Pasca Sarjana terdiri atas Program Magister dan Program Doktor. Program Magister merupakan jenjang kedua program akademik, mempunyai beban studi komulatif 36 – 50 sks, dijadwalkan untuk 4 semester dan dapat ditempuh dalam waktu 4 – 10 semester setelah Program Sarjana. Program Doktor merupakan jenjang ketiga program akademik, mempunyai beban studi komulatif sekurang-kurangnya 40 sks, dijadwalkan untuk 4 semester dan dapat ditempuh dalam waktu 4 – 10 semester setelah Program Magister.

PENDIDIKAN PROFESIONAL

Tujuan umum program pendidikan profesional adalah menyiapkan mahasiswa menjadi warganegara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian serta masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan langsung dalam bidang keahliannya, serta memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam bidang tertentu.
Program pendidikan profesional yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada terdiri atas Program Diploma 1, Program Diiploma III, Program Diploma IV, Program Profesi, dan Program Spesialis I :
Program Diploma I mempunyai beban studi komulatif 40 – 50 sks, dijadikan untuk 2 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 2 – 4 semester. Program ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknik yaitu Program Studi Survei Pengukuran dan Pemetaan.
Program Diploma III mempunyai beban studi komulatif 110 – 120 sks, dijadwalkan untuk 6 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 6 – 20 semester.
Program Diploma IV mempunyai beban studi komulatif 144 – 160 sks, dijadwalkan untuk 8 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 8 – 14 semester.
Program Pendidikan Profesi mempunyai beban studi komulatif 20 – 40 sks, dijadwalkan untuk 2 – 6 semester setelah Program Sarjana. Program Profesi diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi, Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan dan Psikologi.
Program Spesialis I yang mempunyai beban studi 36 – 50 sks, dijadwalkan untuk 4 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 4 – 10 semester setelah Program Sarjana/ Profesi. Program Spesialis I diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Hukum.

JENJANG PROGRAM PENDIDIKAN
Menurut jenjangnya, saat ini terdapat 5 jenjang program pendidikan di UGM.

Program Diploma
Program D-I
Program D-III
Program D-IV

Program Sarjana
(18 fakultas), terdiri atas 68 program studi
Program Swadaya/ Full Payment

Program Profesi
Apoteker di Fakultas Farmasi
Dokter di Falkutas Kedokteran
Dokter Gigi di Fakultas Kedokteran Gigi
Dokter Hewan di Falkutas Kedokteran Hewan
Akuntan di Fakultas Ekonomi

Prigram Magister dan Program Spesialis I
Program Magister
Sesuai dengan keputusan Rektor Univeritas Gadja Mada No: 89/Pk/SK/HT/2006 tanggal 9 Maret 2006 penyelenggaraan Program Paasca Sarjana dibagi menjadi 2 :
Program Pasca Sarjana Monodisiplin : yang terdiri dari 88 Program Studi dan langsung dikelola oleh Fakultas terkait.
Program Pasca Sarjana Multidisiplin : terdiri dari 14 Program Studi dan Magister yang dikelola oleh sekolah Pasca Sarjana.
Rincian program studi dan magister, serta fakultas/lembaga pendukungnya tercantum dalam buku panduan fakultas penyelenggara.
Program Spesialis I
Program ini diselenggarakan oleh Fakultas kedokteran (14 Program Studi), Fakultas Kedokteran Gigi (1 Program Studi) dan Fakultas Hukum (1 Program Studi). Rincian Program tercantum dalam buku panduan fakultas penyelenggara.
Program Doktor
Program Doktor yang meliputi 6 kelompok bidang ilmu dikelola oleh Sekolah Pasca Sarjana. Rincian Program ini serta fakultas pendukungnya tercantum dalam Buku Panduan Sekolah Pasca Sarjana.

Akademik

Pengantar
Program Diploma
Program Sarjana
S2 & S3 Sekolah Pasca Sarjana
Program S2 & S3 Dikelola Fakultas
Kalender Akademik
PPKB

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Oktober 2011 in Pendidikan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: