Mempercepat Koneksi Internet yang Lemot dengan Opera Turbo

Setelah kemarin kita membicarakan tips dan trik praktis untuk mempercepat koneksi internet dengan mengoptimalkan setting koneksi internet pada komputer kita, kali ini kita akan membicarakan tentang tip trik mempercepat koneksi internet menggunakan opera turbo.

Belum lama ini,  tepatnya tanggal 13 Maret 2009, Opera Lab merilis Opera Turbo yang diklaim mampu meningkatkan kecepatan koneksi internet terutama untuk sambungan internet dengan bandwidth terbatas. Pada kenyataannya, meskipun setting koneksi internet kita sudah optimal, kalau bandwidth sambungan internet kita kecil, tetap saja kegiatan selancar kita di dunia maya tetap saja terhambat. Untuk mengatasi hal ini Opera Lab mengembangkan suatu teknologi yang diberinama Opera Turbo, yaitu sebuah teknologi optimasi dan kompresi pada sisi server yang mampu memberikan peningkatan kecepatan browsing pada sambungan internet dengan bandwidht terbatas dengan cara mengompresi atau memampatkan lalu lintas jaringan.

Dengan menggunakan teknologi ini, selain kecepatan browsing yang semakin cepat, biaya sambungan internet juga akan turun karena data yang kita download pada saat browsing sudah dimampatkan dengan tidak mengubah atau menurunkan kualitas tampilan halaman web yang kita kunjungi. Hal ini karena Opera Turbo menggunakan teknologi yang disebut “Opera Web Optimization Proxy”, yang berbeda dengan teknologi  Opera Binary Markup Language yang digunakan pada Opera Mini sehingga layout dan teks yang ada pada website yang kita kunjungi akan terlihat benar-benar sama dengan aslinya meskipun sebenarnya sudah dikompresi sedemikian rupa sehingga ukurannya akan menjadi kecil. Ukurannya yang menjadi kecil sebagai hasil dari proses kompresi teknologi Turbo inilah yang membuat  browsing menjadi lebih cepat dan menghemat penggunaan volume data yang kita gunakan sehingga biaya sambungan internet kita bisa lebih hemat.

Cara kerja teknologi turbo ini bisa digambarkan sebagai berikut:

Pada saat kita memanggil sebuah halaman web, kita akan mendownload berbagai macam elemen halaman web dari server situs tersebut.

  • Pada kondisi biasa, data tersebut akan didownload dan langsung ditampilkan di browser kita.
  • Jika kita menggunakan teknologi Opera Turbo, data tersebut akan dilewatkan pada Opera Turbo Server terlebih dahulu. Pada server turbo tsb, data dimampatkan menggunakan teknologi “Opera Web Optimization Proxy”.
  • Baru setelah itu, data dikirimkan ke browser yang kita gunakan baik itu opera browser, opera mini maupun opera devise SDK.

Browser handal ini tersedia untuk berbagai jenis sistem operasi yang sering digunakan, yaitu:

  • Opera Turbo for Windows
  • Opera Turbo for Mac OS X
  • Opera Turbo for Unix/Linux
Iklan