RSS

Usia Kamu Berkurang Saat Begadang

01 Sep

Bila Anda tergolong orang yang mempunyai penyakit insomnia atau sulit tidur, itu pertanda buruk bagi kehidupan Anda. Mengapa?

Seorang yang sering menghabiskan malam dengan bermain game atau sekadar browsing internet sepertinya harus menghentikan aktifitas tersebut.

Bila Anda berpikir bahwa tidur pada malam hari sama seperti pagi hari, itu adalah pernyataan tidak tepat.

Pada pukul 21.00-23.00, itu adalah masa pembuangan zat-zat yang tidak berguna dibagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama masa itu seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik.

Saat pukul 23.00-01.00, ini adalah masa untuk proses detoksinasi di bagian hati. Agar dapat berjalan, Anda diharuskan dalam keadaan tertidur pulas. Selanjutnya pukul 01.00-03.00, ini proses detoksinasi di bagian empedu, juga harus berlangsung dalam kondisi tidur.

Dilanjutkan pada pukul 03.00-05.00, proses detoksinasi di bagian paru-paru. Inilah sebabnya, penderita batuk akan mengalami batuk hebat saat dini hari, karena proses pembersihan kotoran telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk saat itu, agar tidak merintangi proses pembuangan kotoran secara alami.

Pukul 24.00-04.00, sumsum tulang belakang akan memproduksi darah. Pukul 05.00-07.00, pembersihan di bagian usus besar, maka dianjurkan untuk buang air. Pukul 07.00-09.00, waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil. Karenanya, jangan lewatkan sarapan pada saat ini.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Oleh sebab itu, tidurlah yang nyenyak, jangan begadang, dan jangan sampai kesiangan.

Jika pada jam-jam tersebut tubuh masih beraktifitas, maka proses detoksifikasi tidak akan berjalan sempurna. Kerja hati serta empedu akan semakin berat.

Ada beberapa cara efektif yang digunakan bagi Anda yang terpaksa bergadang karena sulit tidur, seperti yang dikutip dari blogdokter.net:

1. Lakukan olah raga teratur. Lakukan setiap pagi dan hindari olah raga saat Anda akan tidur.

2. Hindari makan dan minum yang terlalu banyak saat menjelang tidur.

3. Tidurlah dalam situasi nyaman. Saat tidur, sebaiknya matikan lampu. Jika Anda menyukai musik atur volume musik sesuai tingkat kebisingan anda, dan pastikan Anda nyaman dalam suhu ruangan.

4. Kurangi mengkonsumsi minuman bersifat simultan atau membuat Anda akan terjaga seperti teh, kopi, alkohol.

5. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau satu jam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang untuk tidur.

6. Hentikan menonton TV, membaca buku, dan aktifitas yang membuat Anda menunda tidur anda.

7. Lakukan kegiatan relaksasi secara rutin, seperti mendengarkan musik klasik, dan jernihkan pikiran saat anda akan memulai untuk tidur.

Jika pada kenyataannya tips tersebut masih belum cukup mengatasi penyakit susah tidur Anda, sebaiknya sesegera mungkin melakukan pengecekan kesehatan anda ke dokter.
Bagaimana, apakah anda masih ingin tetap bergadang?

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 September 2011 in Tahukah Kamu.....???

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: