RSS

Cara Menghindari Tidur Mendengkur

01 Sep

Sering kali teman tidur kamu merasa terganggu dengan dengkuran kamu. Jika hal itu terjadi tentunya kamu harus segera mengatasinya agar tidur kamu ataupun teman tidur kamu menjadi berkualitas. Biar bagaimanapun kamu tidak boleh membiarkan kegiatan mendengkur kamu di saat tertidur mengganggu tidur orang lain.

Jangan menganggap remeh dengkuran kamu itu,
Berikut 7 cara mencegah agar kamu tidak mendengkur di saat tidur:

  1. Posisikan tubuh kamu miring di saat tidur.
    Bila kamu tidur telentang, maka otot di sekitar lidah jatuh ke belakang sehingga akan menghalangi jalur pernapasan. Hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya bunyi atau dengkuran. Oleh karena itu, sebaiknya kamu jangan tidur dalam posisi telentang, tetapi tidurlah dalam posisi miring.
  2. Mendengkur biasanya juga disebabkan oleh pola tidur yang tidak baik. Orang yang mendengkur seringkali memiliki pernafasan yang tidak seimbang saat tidur. Buatlah pola tidur kamu menjadi lebih baik dan teratur agar pernafasan kamu menjadi lebih teratur. Tidur 8 jam sehari, sehingga tubuh bisa beristirahat dengan baik.
  3. Hindari konsumsi beberapa obat.
    Beberapa obat, seperti obat flu, obat sakit kepala, ataupun obat penghilang rasa cemas dapat menyebabkan terjadinya gangguan napas pada saat tidur. Bahkan obat tidur pun memiliki efek yang sama.
  4. Hindari Alkohol.
    Alkohol dapat mengakibatkan terjadinya penekanan pusat napas yang berada di otak, sehingga menyebabkan seseorang mendengkur. Oleh karena itu, hindarilah minuman yang memabukkan ini semata untuk kesehatan kamu.
  5. Hindari kegemukan.
    Ternyata kegemukan juga dapat menjadi pemicu seseorang mendengkur. Jika memang kegemukanlah penyebabnya, maka ada baiknya kamu usahakan agar berat badan kamu turun minimal sebesar 10%, sehingga dapat kembali melegakan jalan napas ketika tidur.
  6. Hindari Alergi.
    Pada orang-orang tertentu, alergi dapat juga menjadi pemicu terjadinya dengkuran. Oleh karena itu bagi kamu yang memiliki riwayat alergi, hindarilah faktor pencetusnya.
  7. Tidak Merokok.
    Perlu kamu ketahui bahwa merokok dapat menyebabkan tidur seseorang menjadi mendengkur, karena sesungguhnya merokok memberikan pengaruh negative pada pernafasan kamu. Alangkah baiknya jika kamu menghindari merokok.
  8. Bila perlu Operasi.
    Dalam hal ini yang menjadi penyebabnya adalah amandel. Bila hal itu yang terjadi, maka sebaiknya segera lakukan operasi, karena amandel mudah sekali kambuh. Dengan dioperasi maka tidak akan kambuh dan mendengkur tidak akan terjadi lagi. Sebaiknya untuk hal ini konsultasikan dahulu dengan dokter kamu.

Jangan sekali-kali remehkan mendengkur, karena hal tersebut dapat menjadi indikator adanya sesuatu yang tidak beres pada kesehatan kamu. Semoga tips ini bermanfaat bagi kamu, agar kamu memiliki kualitas tidur yang baik, dan tentunya tidak tidur mendengkur lagi.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 September 2011 in Tahukah Kamu.....???

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: