RSS

MENAMBAH DAYA TANPA BORE UP

31 Agu

Bore up adalah teknik menambah kapasitas kendaraan dengan memperbesar diameter piston (seher) yang digunakan. Secara otomatis, boring pada silinder blok pun akan diperbesar supaya bisa muat.
Secara teknis, boring standar yang digunakan pada setiap kendaraan roda dua memiliki limit (batas) kemampuan untuk di korter. Rata- rata mencapai oversize 100, sekitar 1 mm dari ukuran semula. Jika diperbesar lebih dari itu, maka pabrikan kendaraan roda dua tersebut tidak menjamin keamanan pada komponen tersebut. Semakin besar piston yang digunakan maka boring semakin tipis, dan dikhawatirkan akan pecah karena tidak dapat menahan tekanan yang dihasilkan.
Bagaimana jika kita ingin menambah daya tanpa bore up ?
Selain cara tersebut, kita dapat meningkatkan daya motor dengan cara stroke up (over stroke), yaitu memperpanjang langkah piston di dalam silinder blok.
Dengan kedua cara tadi, kapasitas mesin kendaraan pasti akan bertambah. Dan penambahan daya didapat dari penambahan kapasitas mesin kendaraan tersebut.
Selain kedua cara di atas, meningkatkan daya motor dapat dilakukan dengan cara memperhalus atau memperlancar pasokan bahan bakar ke dalam ruang bakar, yaitu dengan mengurangi efek kulit jeruk pada saluran hisap silinder kop (4-tak) atau memperbesar hisapan pada motor 2-tak. Dengan demikian efisiensi volumetrik akan meningkat, daya motor yang dihasilkan akan meningkat akibat dari pembakaran yang lebih baik dari sebelumnya.
Cara yang satu ini tidak akan meningkatkan kapasitas mesin kendaraan anda. Akan tetapi, cara tersebut dapat menjadikan kendaraan anda menjadi tidak bertenaga. Kenapa demikian?
Hal ini terjadi jika terjadi salah perhitungan yang mengakibatkan saluran hisap menjadi terlalu besar. Jika saluran hisap terlalu besar, maka jumlah pasokan bahan bakar ke dalam mesin tidak sesuai dengan kebutuhan, berakibat tidak sempurnanya pembakaran yang terjadi. Itulah yang menyebabkan kendaraan anda tidak bertenaga.
Jika anda memperlancar pasokan bahan bakar, pastikan anda juga memperlancar saluran gas buang. Pengeluaran gas buang pada mesin kendaraan yang terjadi tidak mencapai seratus persen, atau seluruhnya. Dengan memperlancar saluran ini, diharapkan gas buang yang dikeluarkan akan semakin banyak dari sebelumnya. Semakin banyak gas yang dibuang bukan berarti semakin pekat asapnya, melainkan jumlah gas yang dibuang dari dalam ruang bakar bertambah, bukan menambah kepekatan gas yang dihasilkan. Hal ini harus dilakukan agar pasokan dan pengeluaran menjadi seimbang.
Atau jika anda ingin lebih baik lagi meningkatkan daya motor kendaraan roda dua anda, maka anda harus menyerahkan kepada yang lebih ahli lagi untuk dihitung ulang rancangan mesin motor anda. Dengan cara ini otomatis anda akan mengeluarkan biaya yang pastinya lebih mahal lagi, namun hasilnya pasti akan memuaskan anda.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 31 Agustus 2011 in Otomotif

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: