RSS

CIRI -CIRI DUA TANDA PISTON BERMASALAH

31 Agu

Seorang teman saya yang mengaku heran dengan motor yang ia tunggangi saban hari. Pasalnya, tenaga motor itu akhir-akhir ini loyo tak seperti biasanya.
Padahal, ia rajin ganti oli setiap tiga bulan sekali. Bahkan, bahan bakar pun ia pilih yang memiliki angka RON 95. “Tetapi tenaga tiba-tiba turun drastis,”
Menurut  mekanik,apa yang terjadi di motor itu merupakan salah satu pertanda piston di mesin motor itu bermasalah. “Memang, tak jarang, gejala masalah itu tidak terasa.
Namun, bila piston bermasalah dan motor tetap dipacu, akan sangat berbahaya. Kemungkinan silinder terluka dan dalam kasus yang ekstrim kepala piston jebol sangat besar.
Bahkan, motor tiba-tiba berhenti dan terpelanting kala pengendara memacunya dalam kecepatan tinggi. Akibatnya pun fatal. “Karena itu, mewaspadai gejala permasalahan di piston sangat penting.
Lantas seperti apa gejala-gejala tersebut? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini tips dari Asnawi.
1. Asap putih tebal yang mengepul dari knalpot
Satu gejala piston yang bermasalah dan bisa diamati secara kasat mata adalah munculnya asap putih tebal dari knalpot. Hal itu bisa terjadi karena piston yang telah goyang atau oblak sehingga saat mendorong kepala piston untuk menyemburkan bahan bakar ke ruang bakar mesin ada celah bagi oli untuk mengalir ke ruang bakar.
Oli yang melumasi piston untuk bergerak maju mundur itu sejatinya telah dibatasi oleh ring oli piston. Namun, karena ring piston telah aus dan setang piston yang bermasalah menyebabkan oli merembes ke ruang bakar mesin.
Pelumas itu bercampur dengan bahan bakar dan ikut terbakar saat proses pembakaran di mesin berlangsung. Walhasil, kepulan asap pun menyembur bersamaan dengan gas sisa pembakaran dari knalpot.
Piston yang rusak selain dikarenakan faktor usia juga dikarenakan oleh perlakuan terhadap motor yang rusak. Mengangkut beban terlalu berat melebihi kapasitas standar, melibas jalan yang ekstrim secara terus-menerus dalam waktu lama hingga kesalahan pemasangan, merupakan beberapa penyebabnya.
“Cara mengatasinya, tentu saja harus menggantinya,.
2. Tenaga motor menurun drastis
Gejala lain kerusakan piston adalah tenaga motor yang tiba-tiba menjadi loyo. Hal itu bisa terjadi karena piston — mulai dari setang, ring, dan kepala piston — tidak berfungsi maksimal dalam mendorong bahan bakar ke ruang bakar. Tekanan yang semestinya kuat, tidak terjadi.
Walhasil, kompresmi mesin juga menurun drastis. Akibatnya, proses pembakaran antara bahan bakar dan oksigen atau udara di ruang bakar tidak sempurna. “Sehingga tenaga yang dihasilkan juga kecil.
Penyebab piston yang tidak mampu memberikan tekanan kuat itu seperti disebut di atas. Pemasangan yang tidak tepat, faktor usia pemakaian, hingga motor yang terlampau sering mengangkut beban berat melebihi kapasitas standar.
Cara mengatasinya pun sama, harus mengganti komponen tersebut. Namun, sebelum menggantinya pastikan dulu dengan melakukan tes kompresi di bengkel yang memiliki peralatan tersebut.
Semoga bermanfaat…

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 31 Agustus 2011 in Otomotif

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: