RSS

Amplas Piston Ngancing, Goresan Harus Kurang Dari 0,15 mm

30 Agu

Piston di dalam silinder mendadak macet bikin hati was-was. Mesin susah diselah akibat piston menjepit dinding liner. Biasanya, liner akan tergores ring piston yang saat itu mengembang.

Ini namanya overheat. Sebabnya bisa dari pasokan pelumas terlalu tekor, sehingga gesekan piston di dinding silinder tidak dilindungi pelumas. Parahnya, jika goresan terlalu dalam bikin kompersi ngempos dan minta dioversize.

Tapi selama goresan di dinding liner tidak terlalu dalam atau nggak lebih dari 0,15 mm jangan panik. Luka tadi bisa diatasi dengan cara meratakan lubang itu pakai ampelas ukuran 400 yang harganya tidak lebih dari Rp 2.500 dan bisa dan mudah dibeli.

Untuk lebih gampang mengerjakannya, pisahkan dahulu antara piston dan silinder yang macet. Siram bagian dalamnya pakai oli baru. Enaknya sih, dikerjakan saat mesin dibongkar dan lagi dingin.

Jika di permukaan goresan terdapat gumpalan kecil bekas pecahan gram yang ikut terjepit, ratakan dahulu pakai pukulan kunci pas ambil bagian luarnya. Maksudnya, agar mudah untuk dikerok, karena struktur besi sudah berubah.

Kemudian garis-garis goresan tadi diratakan dengan ampelas. Dan biar bentuk alur tidak berubah, lihat permukannya yang masih bagus. Baru arahkan gosokan ampelas sesuai alur di silinder.

Agar tidak kasar dan mengurangi pengkikisan, celupkan ampelas ke bensin sebelum digosok.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 Agustus 2011 in Otomotif

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: