Tips Menghilangkan Komedo Dengan Menggunakan Cara Alami

Meski komedo tak disukai, namun tak seorang pun bisa menghindar dari serangan komedo ini. Komedo di hidung ini memang ada konon katanya karena unsur lemak dari dalam tubuh.

Meski sudah ada semacam plester khusus, namun komedo tidak bisa seratus persen hilang. Jika hidung dipencet menggunakan tisiu, maka tak jarang hidung menjadi merah, sakit dan bahkan membekas. Jadi, lebih baik menggunakan delapan cara alami berikut untuk mencegah kemunculan komedo sejak awal.

Garam

Cuci wajah kamu menggunakan air hangat yang sudah dicampur garam minim sekali dalam sehari. Fungsi garam adalah mengurangi minyak berlebih yang akan membantu mencegah datangnya komedo.

Pasta gigi

Untuk mengurangi bengkak akibat minyak yang berlebihan, bisa menggunakan pasta gigi yang dioleskan di daerah yang berkomedo. Sedikit saja.

Jeruk lemon

Ambil air jeruk lemon dengan cara diperas, lalu balurkan di tempat yang dipenuhi komedo. Biarkan kurang lebih semalaman. Sifat asam jeruk lemon akan mengurangi minyak di area berkomedo dan membantu menghilangkan komedo.

Lidah buaya

Patahkan batang lidah buaya lalu oleskan lendirnya ke area berkomedo. Lidah buaya akan menghaluskan kulit dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Hasilnya, kulit lebih segar tanpa komedo.

Es batu

Usapkan es batu di sekitar area berkomedo sekira 10 menit. Cara ini akan membuat pori-pori kulit mengecil hingga komedo tidak mudah menembusnya.

Putih telur

Campurkan sebutir putih telur lalu tambahkan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering selama 20-30 menit. Bersihkan dengan air hangat. Cara ini dilakukan untuk mengurangi komedo sekaligus membantu mencegah kemunculan komedo baru.

Bit

Campurkan buah bit dengan sedikit air sehingga membentuk seperti pasta. Balurkan ke wajah dan biarkan selama 30 menit. Lakukan sekali sepekan untuk kulit halus bebas komedo.

Air putih

Air putih membantu membersihkan sistem pencernaan dan membuat kulit lebih bercahaya. Karena itu disarankan untuk banyak minum air putih.

Jika masih berkomedo, tak ada salahnya untuk merubah gaya hidup dan pola makan menjadi sehat dan mengunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut dan spesifik.

Sumber: okezone.com

Iklan