Ternyata Jerawat Tak Boleh Dipencet!

Jerawat memang bikin jengkel dan merusak percaya diri. Melihat jerawat yang muncul di wajah, pengen rasanya memencetnya hingga keluar semua nanah dan darah kotornya dengan harapan jerawat cepat hilang. Padahal jerawat tak boleh dipencetloh guys.

Alasannya, jika jerawat dipencet maka akan membuat kulit jadi infeksi, timbul bakteri dan akhirnya terjadi yang namanya bengkak. Pembekakan ini nantinya akan butuh waktu lebih lama untuk pulih.

Saya pernah tuh memencet dua buah jerawat di pipi kanan. Alhasil saking kerasnya mencet guna mengeluarkan nanahnya, kulit jadi bengkak dan sembuhnya lama banget, sekitar 2 minggu. Setelah itu, kulit saya jadi bopeng di dua tempat bekas jerawat tersebut. Nyesel gan!!

Mungkin banyak diantara kita (termasuk saya) yang pernah facial dan merasakan jerawat yang dipencet. Jadinya tak masalah dong jika memencet jerawat sendiri di rumah! Tapi perlu diketahui bahwa seorang dokter yang memencet jerawat pastilah sudah profesional.

Alat-alat yang digunakan di berbagai tempat facial pun sudah disterilkan sehingga bebas dari kuman dan bakteri penyebab infeksi.

Jika sudah terlanjur dipencet dan kondisinya malah jadi parah, lebih baik segera pergi ke dokter kulit dan konsultasikan masalahmu. Inget, jangan memencet jerawat ya!

Iklan